Jabatan

Siapa yang tidak suka dengan jabatan? Seseorang yang menjabat suatu jabatan yang tinggi, akan di elu-elukan, akan di hormati, di kagumi. Sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan jabatan. Ada yang melalui partai, melalui organisasi masyarakat, melalui panitia atau sarana-sarana yang lain, asal tujuan untuk mendapatkan jabatan tercapai.

Untuk apa engkau mendapatkan jabatan? Periksalah hatimu, dibalik jabatan ada tanggung jawab besar. Sanggupkah engkau memikul tanggung jawab tersebut? Bagaimana jika engkau tidak berbuat adil? Siapkah engkau di adili di hari kiamat?

Jabatan identik dengan kekuasaan, jabatan identik dengan kekuatan, untuk apa engkau mendapatkan itu semua? Demi kepuasan dirimu? Memenuhi ambisi hawa nafsumu? Ingat! Janganlah engkau berlaku zalim, karena kezaliman adalah kegelapan di hari kiamat.

Pada saat manusia telah selesai melewati hisab di padang mahsyar, mereka akan di giring untuk melewati ‘shirat’. Apa yang kamu bayangkan di sana? Jembatan tersebut gelap, yang menjadi cahaya penerang adalah amal saleh kita, salat menjadi cahaya, sedekah menjadi cahaya, baca alquran juga menjadi cahaya, itu yang akan menolong kita melewat ‘shirat’. Lalu bagaimana jika kita banyak berbuat zalim? Sedangkan zalim adalah kegelapan..!?

Abu Sa’id ‘Abdurrahman bin Samurah berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata padaku,

يَا عَبْدَ الرَّحْمَنِ لاَ تَسْأَلِ الإِمَارَةَ ، فَإِنَّكَ إِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ مَسْأَلَةٍ وُكِلْتَ إِلَيْهَا ، وَإِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ غَيْرِ مَسْأَلَةٍ أُعِنْتَ عَلَيْهَا

Wahai Abdurrahman bin Samurah, janganlah engkau meminta kekuasaan karena sesungguhnya jika engkau diberi kekuasaan tanpa memintanya, engkau akan ditolong untuk menjalankannya. Namun, jika engkau diberi kekuasaan karena memintanya, engkau akan dibebani dalam menjalankan kekuasaan tersebut.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 7146 dan Muslim no. 1652).

Jangan meminta jabatan, tapi jika engkau di minta menjabat sesuatu, maka jadikanlah jabatan itu sarana menuju Allah.

Niatkan jabatan untuk berdakwah, mengajak manusia ingat Allah, menjadi teladan dalam berbuat kebaikan, bersungguh-sungguh berbuat adil, agar engkau mendapatkan naungan di padang mahsyar. Mintalah pertolongan dan kekuatan Allah dalam menjabat, agar membawa kebaikan dan kema’rufan dalam tatanan organisasi yang engkau jabat.

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.