Iri Hati

Allah Berfirman dalam Surat An Nisaa ayat 32:

 وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍ ۗ لِلرِّجَالِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْا ۗ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَ ۗوَسْـَٔلُوا اللّٰهَ مِنْ فَضْلِهٖ ۗ 

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya.” 

Dalam Surat An Nisa ayat 54:

 اَمْ يَحْسُدُوْنَ النَّاسَ عَلٰى مَآ اٰتٰىهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۚ 

“Apakah mereka dengki kepada manusia, karena karunia yang telah diberikan Allah kepadanya?”  

Salah satu pintu syetan dalam menggoda orang beriman ialah iri terhadap kenikmatan yang Allah berikan kepada orang lain, hal ini disebabkan oleh karena suka membandingkan dirinya dengan orang lain. 

Iri hati tidak diperkenankan karena dapat merusak kebaikan yang telah dilakukan sebagaimana api memakan kayu bakar. Jangan sampai pahala yang telah kita kumpulkan hangus disebabkan maksiat hati yaitu iri hati/dengki terhadap sesama. Syukuri apa yang Allah berikan kepada kita dan ridhalah terhadap pembagian Nya. 

Agar tidak mudah iri hati, maka amalkan sabda Rasulullah shollallahu alaihi wasallam:

 اُنْظُرُوْا إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوْا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَإِنَّهُ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوْا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ. 

“Lihatlah orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu, karena yang demikian itu lebih patut, agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu,” (HR Bukhari dan Muslim). 

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.