Pentingnya Ikhlas

Pengajian Gus Baha:

Contoh mudahnya, misalnya anda didunia sholat, haji, zakat. kemudian kamu meminta balasan didunia, padahal umurmu maksimal 80 tahun, berarti sama saja kamu ingin dibalasnya hanya 80 tahun. Makanya Allah memuliakan orang mukmin, kalau meminta balasan di dunia, itu dibalas dengan sesuatu yang cepat musnah, karena dunia sifatnya sementara.

Sekarang banyak orang bodoh yang beramal sholeh minta di balas didunia, itu sama halnya meminta balasan yang sifatnya sementara.Jika kamu beramal sholeh dengan mengkaitkan jatah rizkimu itu salah, didunia itu orang kafir juga makan, juga nikah. Hewan juga bisa kawin, punya anak, ngapain amal sholehmu kamu bandingkan dengan hal-hal yang sudah jatahnya manusia.

Misal kamu hafal alquran supaya rizkimu lancar, ayam yang gak hafal quran aja rizkinya lancar. Kamu sholat dluha biar kaya, orang ### yang gak pernah duha? Uangnya juga banyak.Kalian jangan suka bahwa amal sholehmu itu kamu hitung dan bandingkan sebagai hal duniawi itu bodoh!Duniawi itu bagi Allah sepele, orang dhalim di kasih orang sholeh juga dkasih.

Masalah duniawi, kamu yakin bahwa jatahmu didunia bisa dapat lewat jalan takdir.

Al-Isra Ayat 18

مَّن كَانَ يُرِيدُ ٱلْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُۥ فِيهَا مَا نَشَآءُ لِمَن نُّرِيدُ ثُمَّ جَعَلْنَا لَهُۥ جَهَنَّمَ يَصْلَىٰهَا مَذْمُومًا مَّدْحُورًا

Arti: Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.

Al-Isra ayat 20

نُّمِدُّ هَٰٓؤُلَآءِ وَهَٰٓؤُلَآءِ مِنْ عَطَآءِ رَبِّكَ ۚ وَمَا كَانَ عَطَآءُ رَبِّكَ مَحْظُورًا

Kepada masing-masing golongan baik golongan ini maupun golongan itu Kami berikan bantuan dari kemurahan Tuhanmu. Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi.

Jadi maksudnya begini: golongan orang-orang sholeh yang suka tahajud, solat, zakat juga Saya kasih ramat didunia, orang yang bisa zina, mencuri, korupsi didunia juga Saya kasih nikmat.

Agar sesuatu hal yang berhubungan dengan akhirat itu tetap ingin balasan di akhirat. Masalah duniawi, orang sholeh dapat jatah orang dholim juga demikian.

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.