Bekerja untuk apa?

Allah Ta’ala Berfirman :

اعْمَلُوا آلَ دَاوُودَ شُكْرًا وَقَلِيلٌ مِنْ عِبَادِيَ الشَّكُورُ

“… Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah) dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur.” (Saba’ [34]: 13)

Mari kita pahami dan tadabburi ayat diatas, untuk apa kita bekerja?

Banyak dari kita yang bekerja tujuannya hanya untuk mendapatkan uang, hal ini tidaklah salah… tapi Al-Quran mengajarkan kita bekerja adalah untuk bersyukur.

Kenapa bersyukur? karena tubuh, jiwa, akal pikiran yang kita punya adalah pemberian dari Allah. Salah satu bentuk syukur ialah menggunakan pemberianNya untuk beramal sholeh.

Coba bayangkan, jika kita sedang bekerja..kita mentafakkuri “ohya saya mendapat tubuh ini dari Allah, mari gunakan sebaik-baiknya untuk berbuat baik”, maka bekerjanya pun akan baik, seberapapun pendapatan dia.. dia akan berusaha untuk bertanggung jawab atas pekerjaannya, dan tidak mengeluh “lah pendapatan saya hanya segini..ngapain capek-capek” atau “ayolah cari celah agar mendapat keuntungan dari pembelian barang ini” dan perilaku-perilaku tidak profesional lainnya.

Pada saat kita bekerja untuk bersyukur, maka kita akan mensyukuri bahwa Allah sudah memberikannya pekerjaan, melihat orang lain yang ‘dibawahnya’ yang mungkin masih nganggur, masih belum mendapat pekerjaan.. maka syukurnya akan menambah bersyukur kepada Allah dan semakin dekat dengan-Nya.

Semoga kita selalu di ‘sadarkan’ bahwa pekerjaan adalah wasilah untuk beramal baik, jangan mengotorinya dengan perbuatan-perbuatan tidak terpuji.

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.