Ingin sehat ?

hidup-sehat-700x300

source:tergila.com/wp-content/uploads/2016/11/hidup-sehat-700×300.jpg

Tentu kita ingin sehat, badan terasa nyaman, baik untuk aktifitas maupun untuk istirahat. Jika badan tidak sehat maka untuk melakukan apapun akan terasa tidak nyaman..

Dari sini kita bisa berfikir bahwa sehat itu nikmat, ya nikmat yang sering kita lupakan untuk mesnyukurinya..

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)

Jika sehat itu merupakan nikmat, maka hakikatnya Allah yang memberi, sebagaimana Firman Nya..

مَاۤ اَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللّٰهِ  ۖ   وَمَاۤ اَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَّـفْسِكَ  ۗ

“Kebajikan apa pun yang kamu peroleh adalah dari sisi Allah dan keburukan apa pun yang menimpamu, itu dari (kesalahan) dirimu sendiri”.
(QS. An-Nisa’ 4: Ayat 79)

Lalu, bagaimana agar kita sehat?

Yang pertama, meminta sama Allah, jangan lupa sehat ini nikmat, maka semua nikmat itu adalah Pemberian dari Allah Yang Maha Baik. Nabi Muhammad shollallahu alahi wasallam juga meminta kesehatan sama Allah.

Diriwayatkan  dari Abdurrahman bin Abi Bakrah, ia bekata kepada ayahnya, “Wahai Ayah, mengapa aku selalu mendengar Ayah membaca sebuah doa dan mengulang-ulangnya sampai tiga kali setiap pagi dan sore?”

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَاَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

“Ya Allah, sehatkanlah tubuhku, sehatkanlah pendengaranku, sehatkanlah penglihatanku, tidak ada Tuhan selain Engkau. Ya Allah, aku berlindung dengan-Mu dari kekafiran dan kemiskinan. Ya Allah, aku berlindung dengan-Mu dari siksa kubur, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau.”

‘Rosulullah Shollalahu ‘alaihi wa Sallam tidak pernah meninggalkan do’a-do’a ketika petang dan subuh. Do’a tersebut diantaranya,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى دِينِى وَدُنْيَاىَ وَأَهْلِى وَمَالِى اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَتِى

“Yaa Allah sesungguhnya aku meminta kepada Mu ‘Afiyah di dunia dan akhirat. Yaa Allah aku memohon kepada Mu ‘‘Afwaa dan ‘Afiyah pada urusan agamaku, duniaku, keluargaku dan hartaku. Yaa Allah tutupi auratku

Makna afiat adalah perlindungan Allâh bagi hambaNya dari berbagai macam penyakit dan bencana.

Yang kedua, sedekah badan, artinya bahwa di badan kita terdapat 360 sendi dan itu memerlukan sedekah setiap pagi, dengan kita sedekahkan berarti kita bersyukur kepada Allah, jika kita bersyukur dengan nikmat badan ini, maka insya Allah, Allah akan sehat kan kita..

Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat dhuha.” (HR Muslim 1181)

Yang ketiga, jaga hati, hati merupakan sentral emosi manusia, jika kita marah, hati akan berkecamuk, jika kita senang, maka hati akan bahagia, dengan adanya emosi dalam hati juga akan mempengaruhi produksi hormon tertentu.

Misal jika hati kita sedang senang, maka tubuh akan mengeluarkan hormon endorphine yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sebaliknya, jika hati kita gelisah, khawatir, stress, mudah marah maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol, hormon ini apabila jumlah berlebih akan berefek buruk bagi organ-organ dalam tubuh.

Dari An Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (Qolbu)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

Maka sangat penting bagi yang ingin sehat, baik kan hati kita 🙂

Yang keempat, berdzikir sebelum tidur dengan membaca subhanallah 33 x, Alhamdulillah 33x dan Allahu Akbar 34 kali.

Mengingat Allah sebelum tidur mempunyai manfaat yang luar biasa, di sebutkan bahwa anak nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam yang bernama Fatimah rodiallah anha, bahwa beliau meminta pembantu kepada ayahnya karena kelelahan pekerjaan rumah tangga, akan tetapi rasulullah memberikan yang lebih baik dari pada pembantu yaitu tasbih tersebut.

Dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya dan Fathimah radhiyallahu ‘anhuma, “Apabila kalian akan pergi tidur—atau apabila kalian berdua telah berbaring–, ucapkanlah takbir (ALLOHU AKBAR) sebanyak 33 kali, ucapkanlah tasbih (SUBHANALLOH) sebanyak 33 kali, dan ucapkanlah tahmid (ALHAMDULILLAH) sebanyak 33 kali.”

Dalam riwayat lain disebutkan, “Ucapan tasbih 34 kali.” Dalam riwayat lain disebutkan, “Ucapan takbir 34 kali.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 5361 dan Muslim, no. 2728]

 

Bersambung…

 

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.