Konsep terjadinya penyakit

pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai konsep terjadinya suatu penyakit.

menurut segitiga epidemologi, terjadinya suatu penyakit karena ketidak seimbangan antara 3 faktor, yaitu: host/penjamu, agent/penyebab dan lingkungan. apabila ada ketidak seimbangan segitiga ini maka akan timbul suatu penyakit.

dalam Islam, terdapat segumpal darah yang menentuka kesehatan tubuh. sabda rasulullah shollallahu alaihi wasallam dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

 Alaa inna fil jasadi mudghah,idzaa shaluhat shaluha jasadu kulluhu waidzaa fasadat  fasada jasadu kulluhu, alaa wahiyal qalbu.

Artinya: “Sesungguhnya di dalam tubuh ada segumpal darah. jika segumpal darahtersebut baik maka akan baik pulalah seluruh tubuhnya, adapun jika segumpal darahtersebut rusak maka akan rusak pulalah seluruh tubuhnya, ketahuilah segumpal darahtersebut adalah hati.”

kata qolb atau hati mengandung makna lahiriah dan batiniah, jika yg disebut makna lahiriah maka segumpal darah yg di maksud ialah jantung. jika yg di maksud makna batiniah maka disebut hati.

Drs. Ahmad Dibul Amda, M. Ag., (58 tahun) mengatakan, qalbu pada umumnya diartikan sebagai hati. Tetapi qalbu punya makna tersendiri dalam Al Qur’an. Bagaimana Al Qur’an memaknai tentang qalbu, Dosen STAIN Curup, Bengkulu ini melakukan riset kepustakaan dengan metode analisa isi.

Di hadapan tim penguji, promovendus menjelaskan, bahwa dari analisis dalam karya risetnya, pihaknya berhasil mengungkap, qalb (qalbu) yang dimaksud oleh Al Qur’an adalah sebuah pengertian batin yang bersifat ketuhanan atau rohaniyah. Hakikat manusia yaitu “Ruh” yang menghidupkan manusia. Dinamakan qalbu karena keadaaanya selalu bergerak, hidup dan berada dalam jantung manusia. Kerenanya membuat jantung manusia berdetak dan terus berbolak-balik. “Dan juga karena Allah SWT menghargai dan memuliakan ruh,” katanya.

Dijelaskan, qalb (qalbu) memiliki beberapa potensi dan karakter atau sifat. Seperti dapat menangkap pengertian sesuatu di balik fakta, memiliki perasaan seperti : senang, bahagia, sedih, susah. Memiliki sifat-sifat seperti : periang, pemaaf, penolong, pemarah dan lain-lain.

maka dalam islam, yang berperan penting dalam terjadinya suatu penyakit ialah pertema keadaan qalbu.

yang kedua ialah perut

  • Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ا ملأ آدمي وعاء شرا من بطنه بحسب ابن آدم لقيمات يقمن صلبه فإن كان لابد فاعلا فثلث لطعامه وثلث لشرابه وثلث لنفسه ) رواه الإمام أحمد والترمذي وغيرهما ) “Tidaklah seorang anak Adam (manusia) mengisi bejana (kantong) yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah baginya beberapa suap yang bisa menegakkan tulang sulbinya. Jikalau memang harus berbuat, maka sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya dan sepertiga untuk nafasnya.” (HR. Imam Ahmad, at-Tirmidzi dan rahimahumullah selainnya)
  • Dan diriwayatkan: المعدة بيت الداء ”Lambung adalah rumah penyakit.”. [Riwayat ini menurut sebagian ulama bukanlah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melainkan ucapan Al-harits bin Kaldah salah seorang thabib (dokter) dari Arab, sebagaimana disebukan dalam Maqashidul Hasanah dll]
  • Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ( أصل كل داء البردة ) البردة : التخمة : أخرجه الحافظ السيوطي في الجامع الصغير ”Sumber segala penyakit adalah al-baradah.” Al-baradah: at-Tukhmah (Jeleknya pencernaan makanan) (diriwayatkan oleh Imam al-Hafizh as-Suyuthi rahimahullah dalam al-Jaami’ ash-Shaghiir)

apabila kita salah dalam makan maka juga dapat menimbulkan penyakit.

penyebab ke tiga ialah dosa.

مَا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللَّهِ ۖ وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ ۚ وَأَرْسَلْنَاكَ لِلنَّاسِ رَسُولًا ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ شَهِيدًا


79. Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi.

Kesimpulan:

Sumber penyakit ada 2 yaitu fisik dan ruhani. fisik bisa berasal dari makan yg tidak baik, sedangkan ruhani berasal dari dosa dan keadaan qolb yg sakit.

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.