Mencari aliran

sudah kita tahu, bahwa dalam kehidupan ini banyak sekali aliran dalam agama islam (karena kebetulan sy beragama islam). lalu bagaimana cara memilihnya aliran mana yang benar yang bisa kita ikuti??

tentu pertanyaan-pertanyaan tersebut, pernah terlintas dan terngiang dalam pikiran anda, begitu pula saya.. dan sudah banyak teman-teman yang sering sharing dan diskusi mengenai aliran-aliran dalam islam..

untuk lebih mudahnya, kita simak hadis berikut:

عنأنس بن مالك يقول سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول: ( إن أمتي لا تجتمععلى ضلالة . فإذا رأيتم اختلافا فعليكم بالسواد الأعظم ).

Anas bin Malik berkata: “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda:
“Sesungguhnya umatku tidak akan bersepakat atas kesesatan. Apabila kalian melihat perselisihan, maka ikutilah golongan majoriti”.

(HR Ibnu Majah[3950], Sunan Ibnu Majah, juz 2, hal. 1303, Maktabah Syamilah)

dari hadis diatas, dapat disimpulkan bahwa sudah sunnatullah akan ada perpecahan dalam agama ini.. maka nabi muhamad shollallahu alaihi wasallam memberikan petunjuk, hendaklah kita mengikuti jamaah atau kaum mayoritas.. karena Allah tidak meletakkan di kaum mayoritas umat islam.

lalu apa aliran mayoritas dalam tubuh umat islam sekarang ini? dari hasil survey saya pribadi yang mayoritas adalah Ahlus sunnah wal jamaah.

Ciri-ciri Ahlus sunah waljamaah adalah:

  1. dalam fiqih usul (akidah) bermadzhabkan asyari dan maturidi (sifat 20)
  2. dalam fiqih furu (syariat) ber madzhabkan 4 imam madzhab (hanafi, maliki, syafii dan hanbali)
  3. dalam tazkiyatun nafs/tasawuf menganut atau merujuk ke imam ghozali atau abu yazid al bustomi

sekarang tinggal kita lihat diri kita, apakah sudah sesuai dengan manhaj ahlus sunnah wal jamaah.. jika tidak mengerti atau belum paham, maka alangkah lebih baiknya bertanya kepada guru.. bukan google hehe.

belajar agama pun sangat baik dengan guru, teruama guru yang mempunyai sanad hingga ke rasulullah shollallahu alaihi wasallam. bila kita mencari jawaban melalui google biasanya yg ada  malah tambah bingung atau paham kita bisa lebih melenceng.. google dan internet hanyalah alat untuk mencari ilmu, bukan sumber ilmu..

wallahu a’lam

 

Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s