Manfaat minyak zaitun

Seperti biasa, beberapa kali pasien datang untuk check kolesterol dan sebagian trigliserid. karena faktor usia dan gaya hidup di dapatkan hasil mayoritas di atas normal. sesuai dengan standard terapi saya berikan penurun kolesterol dan trigliserid, hasilnya sebagian turun hampir mencapai angka normal.. dan sebagian lagi penurunan sedikit, akan tetapi yang banyak adalah begitu obat di hentikan maka kadar kolesterol dan trigliserid naik kembali.

akhirnya saya coba merekomendasikan minyak zaitun, karena therapy adalah art maka saya memberikannya kepada bapak saya terlebih dahulu, dalam 2 minggu kadar kolesterol sudah normal, lalu saya sendiri dan dalam 1 minggu kadar kolesterol dan trigliserid saya serta ldl dan hdl dalam angka yang bagus sekali. akhirnya saya merekomendasikan kepada pasien-pasien saya, saya tidak meresepkannya hanya menyarankan agar mereka beli sendiri di apotik. kontrol 1 bulan kedepan mayoritas hasil koleseterol dan trigliserid normal semua, hanya 2 pasien yang masih bandel karena penurunannya blm mencapai angka normal..hehe

 

apa saja manfaat minyak zaitun?

Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :

  • Energi – 3701 kJ (885 kcal)
  • Karbohidrat – 0 g
  • Lemak – 100 g.
    – Jenuh (14 g)
    – Tak jenuh tunggal (73 g)
    – Tak jenuh ganda (11 g)
    – Omega-3 lemak (<1,5 g)
    – Omega-6 leak (3,5-21 g)
  • Protein – 0 g
  • Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
  • Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

sehingga berikut manfaat minyak zaitun:

1. Memberikan Kelembaban Alami Kulit

Orang Indonesia pada umumnya sering mengalami masalah kulit kering, sehingga dibutuhkan makanan kulit alami untuk memberikan kelembapan ekstra seperti manfaat lidah buaya. Kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami. Caranya :

  • Bersihkan wajah sebelum memakai minyak zaitu
  • Oleskan sebelum tidur pada kulit wajah, namun Hati-hati untuk mengoleskan minyak zaitun pada daerah sensitif seperti daerah sekitar mata.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Kandungan antioksidan yang kaya pada minyak zaitun ini juga banyak terdapat pada :

3. Menghilangkan Noda Jerawat

Cara menghilangkan noda jerawat yang membandel secara alami, juga dapat dilakukan minyak zaitun. Cukup panaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

4. Anti Inflamasi

Di dalam minyak zaitun dipenuhi oleh antikosidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian pada efek polifenol ini, yang termasuk baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Pada penelitian lain menunjukkan bahwa minyak zaitun ini  berpotensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori.

5. Mengontrol Tekanan darah

Menambahkan minyak zaitun dalam diet sehari-hari lebih dari 6 bulan, yang berlanjut dengan perawatan biasa, dapat mengontrol tekanan darah seperti manfaat ketimun. Pada beberapa kasus yang ditemukan, baik yang bertekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi benar-benar dapat menurunkan takaran obat  atau menghilangkannya sama sekali. Namun, jangan dilakukan tanpa pengawasan dokter.

6. Kolesterol Baik

Minyak zaitun maseuk ke dalam daftar makanan bukan lemak jenuh dan mampu menurunkan kadar kolesterol,  kolesterol tinggi. Namun, pada beberapa penelitian menunjukkan minyak diet lainnya seperti bunga matahari dan minyak canola, memungkinkan dalam penurunan kadar LDL dan jenis kolesterol lain kolesterol yang disebut apolipoprotein B.

7. Pencegahan Kanker

Dari penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh bagi orang yang mengkonsumsi minyak zaitun untuk ini, menurunkan risiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, untuk wanita yang menyukai penggunaan minyak zaitun ini, diduga dapat memberikan perurunan terhadap risiko terjadinya kanker payudara.

8. Pencegahan Stroke

Pada penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa, orang-orang yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih rendah akan resiko penyakit stroke di kemudian hari, daripada yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Meskipun penilitian ini masih bersifat observasional, tapi akan dilakukan pengembangan penilitian langsung kepada objek yang mengkonsumsi ataupun tidak.

Efek Samping di Balik Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun kemungkinan aman, baik dikonsumsi secara langsung (sebagai bahan masakan) atau saat dioleskan pada kulit. Minyak zaitun ini secara aman memberikan 14% dari total kalori harian, dari sekitar 2 sendok makan (28 gram) setiap hari. Minyak zaitun telah digunakan secara aman sebagai bagian dari diet gaya Mediterania. Namun terdapat beberapa peringatan khusus bagi penggunaannya :

  • Kehamilan dan menyusui – Belum ada informasi yang dapat menjadi acuan tentang bagaimana keamanan produk zaitun bagi ibu hamil atau menyusui. Jangan gunakan minyak zaitun dalam jumlah yang lebih besar dari pada jumlah yang biasa ditemukan dalam makanan.
  • Diabetes – Minyak zaitun dapat menurunkan gula darah, sehingga penderita diabetes harus memeriksa gula darah mereka saat menggunakan minyak zaitun.
  • Operasi Bedah – Minyak zaitun dapat mempengaruhi gula darah, sehingga penggunaan minyak zaitun ini dapat mempengaruhi kontrol gula darah selama operasi. Berhenti mengkonsumsi minyak zaitun 2 minggu sebelum operasi.

di pasaran ada berbagai macam jenis minyak zaitun, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu:

1. Extra Virgin Olive Oil

Minyak ekstra virgin oil berasal dari hasil perasan pertama buah zaitun.

Minyak zaitun ekstra virgin mengandung jumlah nutrisi dan vitamin yang tinggi, tidak ada bahan kimia tambahan, bening, lembut, bertekstur, rasanya unggul, dan tingkat asam oleat-nya kurang dari 1%.

Minyak ini sangat berharga karena kesempurnaan dan keseimbangan antara rasa, aroma, warna, dan tingkat keasamannya.

Minyak ini bisa digunakan untuk memasak, salad dressing, atau dicelupkan pada roti secara langsung.

2. Virgin Olive Oil

Minyak ini diperoleh dari hasil produksi dan pengolahan tahap kedua buah zaitun, memiliki tingkat keasaman yang kurang dari 2%, rasanya bagus dan lebih intens.

Minyak ini juga bisa digunakan untuk memasak, salad dressing, dan lainnya.

3. Pure Olive Oil

Minyak ini merupakan campuran dari refined olive oil dan virgin olive oil, mengandung sedikit vitamin E, tingkat keasamannya kurang dari 2%, kandungan nutrisinya lebih rendah, harganya pun lebih murah.

Tidak cocok bila digunakan untuk salad dressing, tapi lebih cocok jika digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi.

4. Pomace Olive Oil

Minyak jenis ini merupakan grade paling rendah dari minyak zaitun. Dihasilkan dari residu minyak yang tersisa di pomace zaitun.

Dicampur dengan berbagai variasi jumlah virgin oil agar bisa diterima oleh konsumen. Biasanya digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi.

5. Lite Olive Oil

Lite olive oil hanya mengandung sejumlah kecil virgin oil. Rasa dari minyak ini ringan dan warnanya pun cerah.

Jumlah kalori dan lemak yang terkandung sama dengan semua minyak zaitun. Kualitas dari minyak zaitun jenis lite olive oil ini rendah.[]

Iklan

One thought on “Manfaat minyak zaitun

  1. dedeez a jis jau isejas yra?:D kareiviu protas tai tikrai akis bado kai bet kuo apetismes sokineji skraidai virs ju,o visa kita kaip ir normaliai 🙂

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s