Bisakah saya hidup sehat?

Beberapa pertanyaan yang sering kali terlontar dalam konsultasi medis adalah ‘dok bagaimana agar saya tetap sehat?” atau ‘dok, bagaimana agar saya terhindar dari penyakit ini?’ atau “dok, saya sudah medical chek up dan hasil normal semua, tp saya merasa kurang sehat! bagaiman ini dok?”

pertanyaan-pertanyaan diatas adalah pertanyaan terfokus pada keadaan diri sendiri dengan membawa unsur negatif. knp ada unsur negatifnya? karena kita tidak yakin bahwa badan kita sekarang sedang dalam keadaan sehat. padahal yang tidak sehat adalah kondisi mentalnya, pikirannya atau emosinya. sehingga berpengaruh pada badan dan kita merasa sakit.

dalam istilah kedokteran disebut penyakit psikosomatis, yaitu penyakit yang menyebabkan gejala suatu penyakit dan dasar penyebabnya adalah stress, kecemasan dan kondisi psikis yg lain.

dalam suatu penelitian, penyebab sakit jantung 27% terjadi pada orang-orang yang sering mengalami kecemasa dan stress.

oleh karenanya, untuk hidup sehat sangat mudah, ringan dan menyenangkan. apalagi kita hidup di dunia ini hanya sekali, maka dengan menikmati dan mensyukuri hidup, tubuh akan mengeluarkan hormon endomorpin di otak yang akan menyebabkan peningkatan kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan lebih sehat.

Pada dasarnya, konsep terjadinya penyakit dalam teori keseimbangan ada segitiga epidemologi. hubungan interaksi host, agen dan enviromental. dapat di gambarkan sebagai berikut:

Image

dari gambar di atas maka terjadinya penyakit tidak bisa dari 1 faktor saja. akan tetapi ada beberapa faktor antara lain dari host: adalah diri kita, dari agen adalah bakteri/virus dan dari enviro atau lingkungan adalah faktor cuaca atau suhu.

Disini salah satu yg berperan penting adalah host atau diri kita sendiri, jika pikiran / jiwa kita sehat, maka tubuh akan ikut sehat.

beberapa tips agar kita selalu sehat:

1. bangun kebiasaan bersyukur setiap bangun pagi dan malam akan tidur. Bersyukur akan menarik pikiran positif, dan merasakan kenikmatan bahagia sehingga endomorpin keluar di otak dan mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

2. bagi muslim, biasakan sholat dluha minimal 2 rokaat, karena sholat dluha adalah sedekah tubuh, dan dalam aktifitas sholat semua peredarah darah mengalir sangat lancar, bahkan sampai pembuluh-pembuluh darah kecil di otak.

3. jika stress menimpa, usahakan ambil air wudlu dan istirahat sejenak. wudlu atau mengalirkan air di tangan dan wajah akan menimbulkan sensasi dingin kepala yg sedang panas, serta istirahat dapa membantu pikiran untuk bekerja rilekx.

4. usahakan tiap bulan puasa 3 kali di pertengahan bulan islam. karena pada tangal 13,14 dan 15 adalah terjadinya bulan purnama. dan ternyata bulan purnama tidak hanya mengakibatkan efek pasang surut laut tapi juga memeberi efek kelabilan emosi manusia saat itu. karena jantung dan tubuh manusia 70% dari air. dan dengan puasa akan menormalkan sistem penceranaan dan menurunkan tingkat emosi menjadi lebih stabil.

5. olahraga dan budayakan hidup bersih.

semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s