Tujuan Hidup


Image

Bismilillahirrahmanirrahiim.

Sering kali kita dihadapkan pada suatu pilihan hidup. pilihan yang membutuhkan kita untuk berpikir ulang mengenai tujuan hidup kita. lalu kemanakah kita akan memilih?

seseorang yang hidup di dunia fana ini, mempunyai beberapa kecenderungan. antara lain:

1. Memilih akhirat saja

2. Memilih dunia saja

3. memilih akhirat dan dunia

4. tidak memilih kedua-duanya.

Karakter yang pertama sering kali dibicarakan orang-orang umum adalah mereka yang terlalu ekstrim dalam menjalankan agamanya. apakah iya? lebih baik kita ber husnudzon (berprasangka baik) mereka yang memilih pilihan pertama adalah manusia pilihan-Nya. manusia yang menapaki jalan tuk mengenal-Nya sehingga akhirat adalah fokus amalannya, sehingga dengan kemurahan-Nya Allah melimpahkan dunia kepada mereka dengan mudah, atau dengan hukum tajrid atau Allah memberikan dunia tanpa melalui hukum sebab-akibat. sebagai contoh adalah mereka para wali yg sibuk ibadah dan mendoakan umat muhammad shallallahu alaihi wasallam mendapat rizki dari arah yg tak disangka, bukan dari pekerjaannya. itulah mereka para pencari akhirat.

 

sedang karakter kedua adalah mereka yg tidak mempercayai adanya hari akhir, jadi dunia adalah tujuan hidupnya..mereka tidak mementingkan hukum-hukum norma dan sebagainya. yg di fokuskan adalah kejayaan dunianya sehingga apapun caranya dia lakukan. kita berlindung pada Allah dari digolongkan orang-orang demikian.

 

dan karakter ketiga adalah karakter kebanyakan  umat muslim saat ini. akan tetapi porsi akhirat dan dunia nya yg berbeda-beda dihati mereka. ada yang 90% dunia dan 10% akhirat ada pula yang 50;50. berapapun porsinya hanya hati kita lah yang tahu.. disinilah manfaatnya kita bertafakkur diri, saat selepas sholat atau disepertiga malam kita bisa mengambil waktu untuk bertafakkur mengenai tujuan hidup kita ini. apapun porsinya, maka alangkah baiknya jika fokus akhirat lebih banyak sedang fokus dunia adalah sebagai bekal kita di akhirat kelak. sehingga kita hidup di dunia tidak lah merugi. karena kita punya tujuan yaitu mencari bekal di dunia tuk persiapan hari akhir..

olehkarenanya, sungguh indah doa yang diajarkan oleh nabi mulia sayyidina muhammad shallallahu alaihi wasallam ya Allah berikanlah kami kebaikan di dunia dan diakhirat serta lindungilah kami dari neraka (robbana atina fid dunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannnar) .

 

karakter ke empat adalah mereka yg putus asa dengan dunia dan tidak percaya dengan hari akhir. biasanya di lakukan dengan cara bunuh diri. dan kita berlindung pada Allah agar dihindari dari golongan ini..

 

Allah Maha Pengasih pada ciptaan-Nya dan Allah juga Maha Penyayang terhadap hamba-hamba Nya yang beriman. maka sungguh alangkah indahnya hidup kita jika sejalur dengan agama yang benar di sisi-Nya yaitu dengan mengikuti tuntunan nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. maka kebaikan-kebaikan dunia dan akhirat akan mengalir pada kita dan keluarga kita, serta kita akan melihat berbagai keajaiban-keajaiban Nya dalam mengatur alam semesta ini.

semoga kita masukkan dalam golongan yang di rahmati Allah dan dicintai nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dan semoga sholawat dan keberkahan senantiasa tercurah pada nabi Muhammad selama rahmat Nya tercucur di muka bumi ini. salam padam ya rasul..

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s