Makkah Punya ”Big Ben”

REPUBLIKA.CO.ID, MEKKAH–Menara Jam terbesar di dunia segera dibangun dekat kota suci Makkah. Pemerintah Arab Saudi berencana menyelesaikan proyek itu hingga awal Ramadhan nanti.
Proyek itu dikembangkan oleh dua insinyur dari Jerman dan Swiss yang membawahi para ahli dari berbagai negara di Eropa dan Dunia. Sejauh ini proyek telah berlangsung selama tiga bulan.

Seperti yang diberitakan Saudi Press Agency, 4 Agustus, bangunan yang bakal mengalahkan menara Jam legendaris Big Ben ini berukuran setinggi 601 meter dengan tinggi jam hingga 251meter. Melalui menara ini, kelak penduduk Makkah bisa melihat pemandangan kota tersebut hingga 7 km.

Gaya arsitektur bangunan banyak mengadopsi kebudayaan Islam. Khusus desain jam dibuat menjadi empat bagian. Nama Allah akan tertulis disetiap empat bagian jam tersebut.

Untuk kemudahaan pengunjung, menara jam akan dilengkap 2 elevator. Rencananya, bangunan ini akan diletakan dekat lima menara proyek amal Raja Abdul Aziz yang menghadap kota suci Makkah. Agung Sasongko, Ajeng Ritzki Pitakasari /S.Riyanto
Sumber: http://www.jurnalhaji.com/2010/08/13/makkah-punya-big-ben/

Iklan

2 thoughts on “Makkah Punya ”Big Ben”

  1. Kalo nggak salah, apa bangunan yang disekelilingnya itu semacam apartemen atau tempat tinggal buat yang naik haji itu bukan ya? soalnya aku peernah nonton dari tivi.

    • yup, skrg makkah lg di rombak besar2an..makanya quota haji tahun ini dibatasi, biar tahun depan bisa lebih luas dan hotelnya lebih banyak, bisa liat langsung dari sumbernya di republika ato jurnalhaji..trims

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s