Hidup Yang Penuh Manfaat!

Hari-hari terkadang penuh dengan kesibukan, hari-hari juga kadang terisi dengan kekosongan. Apa yang sudah kita lakukan dalam mengisi hari-hari tersebut? Adakah makna di baliknya? Maka benarlah kata pepatah bijak, bahwa manusia merupakan kumpulan dari waktu. Betapa tidak, siapakah sekarang kita ini..berapa umur kita, merupakan rangkaian dari detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun yang telah kita lalui.

Saat kita bekerja, kita tidak jarang membandingkan dengan orang lain. Baik dari sisi pekerjaan maupun hasil materi yang kita dapatkan. Ada yang bilang: wah! Gaji manajer tu enak..gaji kepala departemen itu enak..dibanding kita, kalau sudah diatas jarang di mutasi tapi kalo masih di bawah risiko mutasi lebih besar. Atau ada pula yang bergumam: temenku sudah bekreja di sana dengan gaji sekian sedangkan aku masih kurang. Betulkah demikian? Atau pula ada yang mengeluh sudah pekerjaan berat yang diterima tidak sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan.

Hidup ini memang unik dan penuh keajaiban. Bukan betapa sibuknya hari yang telah kita lalui, buka betapa kosongnya hari yang telah kita buang, bukan pula seberapa besar uang yang kita dapat, akan tetapi apa yang sudah kita lakukan bermanfaat atau tidak. Hidup adalah waktu yang kita habiskan di dunia ini, dan waktu itu akan kita pertanggung jawabkan kelak! Lalu dari waktu yang sudah kita lalui apakah sudah dapat dipertanggung jawabkan? Jika kita menyadari belum, artinya sekarang kita masih punya kesempatan.

Apapun yang sedang menimpa kita, baik kesenangan, kebahagiaan, kesukaran, kesempitan, kelapangan, kemudahan atau kesulitan semuanya tidak ada masalah asalkan kita mau menjadikan semuanya itu bermanfaat. Dengan adanya kemudahan, kesenangan, kelapangan dan kebahagian kita dapat bersyukur, dan itu bermanfaat! Sedangkan jika kita ditimpa musibah, maka kita bersabar dan tetap memandang optimis, maka itu juga bermanfaat.

Jika gaji yang kita terima apa adanya, syukurilah,,dan jadikan itu bermanfaat dengan bersedekah.. maka hal itu lebih baik jika dibandingkan dengan gaji yang besar tapi hanya untuk dirinya sendiri. Mereka yang mulai bersedekah walau dengan gaji kecil, maka janji Tuhan pasti terlaksana, suatu saaat investasinya akan berkembang..hanya menunggu masalah waktu dan konsisten kita.

Jadi mari kita mulai hari ini dengan melakukan sesuatu apapun yang bermanfaat, bisa buat diri kita sendiri, maupun keluarga, teman dekat maupun orang lain walau yang tidak kita kenal sekalipun. Maka hidup kita akan terasa bermakna, kita tidak akan menyesal dengan hari-hari yang telah kita lalui, kita akan siap mempertanggung jawabkannya di akhirat kelak…insya Allah amiiin.

Selamat menjalankan hidup yang penuh manfaat!

Iklan

2 thoughts on “Hidup Yang Penuh Manfaat!

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s