Cukupkah hanya dengan meminta maaf…

cukupkah hanya minta maaf?


“om saya minta maaf?”
“maafkan saya yaaa?”
“sorry !!!!”
“maaf pak gak sengaja!!”

cukupkah hanya dengan minta maaf dengan kalimat “maaf” ??

menurut saya tidak.

untuk hal hal yang sifatnya ringan mungkin kalimat diatas bisa mewakili atau diterima, dan kita pun tentu akan memaafkan seseorang yang telah minta maaf dan telah menyesal atas perbuatannya. allah saja maha pemurah dan maha memaafkan, kenapa kita tidak bisa.

tetapi akan lain halnya bila kita menjelaskan permintaan maaf kita, seperti :

– pak/mas/om – maafkan saya telah menghamili istri anda, atau
– (some one) maaf saya yang telah menghabisi keluarga anda, atau
– (some one) maaf saya yang telah membuat keluarga anda berantakan .
masihkah akan kita maafkan bila kita perjelas niat permintaan maaf tersebut?, jawabnya insya allah tunggu dulu, yang ini laen urusannya….

jika kita mengutarakan permohonan maaf secara global maka kita pun mengglobalisasi permohonan tersebut, tetapi bila kita detilkan permaafan tersebut, insya allah akan menghasilkan efek luar biasa.

sama halnya dengan kita ketika melakukan istigfar dengan menyebut kalimat “astagfirullah hal adzim” yang artinya kurang lebih “yaa allah … maafkan kami, maafkan dosa kami”.

kalimat ini sangat terasa nuansa globalnya, permohonan maaf secara umum.

akan terasa beda sekali auranya bila kita membaca istigfar ini dengan menambahkan (sambil baca dalam hati) atau menyebutkan kesalahan kita yang akan kita mintakan maaf kepada allah swt. sebutkan satu persatu permohonan maaf kita, apa kesalahan kita disebutkan setelah membaca istigfar. kita bisa baca istigafar sebanyak banyaknya, dan istigfar ini diluar ritual sholat dan terpisah. tidak hrus 3x.

(lafazkan dengan pelan dengan penghayatan)
– astagfirullah hal adzim – ya allah.. maafkan kami yang telah mengambil ayam tetangga kemaren…saya janji tidak akan mengulanginya lagi..yaa allah
– astagfirullah hal adzim – ya allah .. maafkan kami yang telah kilaf yaa allah, kemaren kami berbuat zina. ampunilah dosa kami yang sangat besar ini ya allah.. ampunilah kami yang bergelimang dosa ini ya allah….kami berjanji tidak akan mengulanginya lagi…
– astagfirullah hal adzim – yaa allah kami ini kotor, kami ini hina, kami ini rendah yaa allah… maafkan pikiran kami, otak kami, badan kami, jiwa dan raga kami yang kami gunakan tanpa seijinmu, tanpa ridlomu ya allah….
– astagfirullah hal adzim – ………

cobalah dan rasakan bedanya

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s