Apakah Hipertensi itu?

Apakah Hipertensi Itu ?

Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Keadaan ini terjadi apabila tekanan darah pada arteri utama tubuh terlalu tinggi. Karena hipertensi merupakan kelainan yang sulit diketahui oleh tubuh kita sendiri, satu-satunya cara untuk mengetahui hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah kita secara teratur. Hipertensi merupakan kelainan yang diderita lebih dari 50 juta orang di amerika. Kelainan ini semakin sering dijumpai pada orang lanjut usia.

Apakah Penyebab Hipertensi?
9 dari 10 orang yang menderita hipertensi tidak dapat diidentifikasi penyebab dari penyakit mereka ini. . Hipertensi dapat diturunkan oleh orang tua kepada anaknya. Apabila salah satu dari orang tua Anda terkena hipertensi, kecenderungan Anda untuk menderita hipertensi lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki orang tua yang menderita hipertensi.

Resiko terkena hipertensi dapat diperkecil dengan cara : Mengontrol berat badan, Menjaga kebugaran, Menjaga pola makan yang seimbang dan membatasi konsumsi alkohol serta menghindari obat-obatan yang dapat meningkatkan tekanan darah. Faktor lain dengan kemungkinan yang lebih kecil sebagai penyebab hipertensi adalah adanya kelainan ginjal atau kelenjar endokrin. Hal ini dapat diketahui dengan pemeriksaan oleh dokter.

Dapatkah Hipertensi Berkembang Menjadi Penyakit Lain?
Ya, Hipertensi dapat berkembang menjadi masalah kesehatan yang sangat serius atau bahkan kematian. Sering kali hipertensi disebut sebagai “silent killer” disebabkan 2 hal yaitu :

1. Sulit disadari karena tidak memiliki gejala khusus. Hal seperti pusing, gelisah, mimisan atau sakit kepala jarang berhubungan langsung dengan hipertensi. Hipertensi hanya dapat diketahui dengan mengukur tekanan darah Anda secara teratur.

2. Hipertensi adalah pembunuh. Orang penderita hipertensi apabila tidak ditindaki mempunyai resiko besar untuk meninggal karena komplikasi kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, ketidak teraturan detak jantung dan gagal ginjal jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki hipertensi .

Apakah Arti Dari Nilai Tekanan Darah Anda?
Tekanan darah Anda biasanya diinformasikan dalam format angka seperti 120/80. Angka pertama disebut Systolic. Systolic mengindikasikan tekanan puncak pada arteri yakni pada saat jantung berdetak. Angka selanjutnya disebut Diastolic. Diastolic mengindikasikan tenkanan pada arteri pada saat jantung beristirahat diantara detaknya. Hal ini memberikan gambaran tentang seberapa besar daya tahanan arteri kecil terhadap aliran darah. Tekanan pada arteri besar merupakan kombinasi dari detak jantung dan tahanan arteri kecil. Orang usia muda penderita hipertensi cenderung memiliki detak jantung yang lebih kuat sedangkan orang usia tua cenderung memiliki tahanan arteri kecil yang lebih besar. Pada sebagian orang terutama yang berusia lanjut memiliki nilai systolic yang tinggi namun diastolic yang normal atau rendah. Hal ini disebut sebagai Isolated Systolic Hypertension dan mengisyaratkan bahya arteri mereka telah menjadi sangat kaku.
Berapakah Seharusnya Nilai Tekanan Darah?
Tekanan darah tidak memiliki nilai yang baku. Hal ini berbeda beda menurut aktifitas fisik, emosi, waktu siang/malam dan keadaan emosi lainnya. Oleh karena itu tekanan darah penting untuk dimonitor lebih dari satu waktu. Berikut ini tabel nilai tekanan darah dan kategorinya :

Sumber : American Society of Hypertension (http://www.ash-us.org)

One thought on “Apakah Hipertensi itu?

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s