Benjolan di Payudara anak

Hari ini aku dapat beberapa kasus yg menurutku aneh, cz belum pernah aku jumpai waktu koas dl…mgkn beberapa ts pernah mendapatkannya..

Sore tadi, datang pasien perempuan kelas 3 SD dengan keluhan terdapat benjolan di payudara kanannya, keluhan ini di rasakannya sejak kelas 1 SD (wuih dan hampir 3 tahun rupanya…), OS tsb baru bercerita kepada OrTunya kmaren, jadi hari ini barulah datang ke klinik…

Curiga saya tumor dan berencana ingin sy rujuk ke dsOG, tp sebelumnya gak da salahnya konsultasi ma ts senior sy (pikir sy) dan setelah di periksa ternyata di biarin sj..hehe.

Karena bingung dan penasaran, akhirnya sy mencoba mencari bukti ilmiahnya…lagian ilmu kedokteran kan long life education..hehe.

Singkat cerita, benjolan pada payudara baik keseluruhan atau putingnya saja pada anak perempuan di bawah usia 8 tahun merupakan gejala pubertas dini atau prematur telarche (pembesaran payudara dini).

Hal ini dikarenakan beberapa hal berkaitan dengan respon atau rangsangan hormon estrogen. Dalam perkembangannya, benjolan tersebut dapat menjadi:

  1. Beberapa kasus ada yg dapat regresi (mengecil kembali sperti semula).
  2. Ada juga yang menetap
  3. Ada yg berlanjut menjadi pubertas dini

Dari ketiga kemungkinan tersebut diatas, hanya yg ke 3 yang membutuhkan pengobatan.

Jadi bila anak perempuan anda mengalami hal demikian, maka alangkah baiknya jika di periksakan langsung ke dokter spesialis anak ahli endokrinologi.

Salam.. :)

About these ads

95 thoughts on “Benjolan di Payudara anak

      • mlm dktr..sya jga pnya ksus sama ank sya umrny 15 buln..ada benjolan d payudara kananny sbsar bji nangka klu d pegang kya yg tmbuh gtu pyudarany.udh konsul k dsa ktny dy kontak tb.dh d ksh antibiotik ttep..lgsung d rontgen hsil ny bersih d paru2 ny lalu d suntik mantoux jga hasil ny negatf.skrg lg pngobatan buat 2 bulan tpi bru sx mnum obat reaksiny mncret2. itu gmn y dok.apa gpp bnjolan d pyudara ny.

  1. Bapak yg diirahmati Allah,

    Di daun telingi kiri saya ada semacam benjolan ( seperti wudun/kata org jawa pak…. tapi tidak ada matanya), warnanya kebiru-biruan ( kulit saya hitam ), tidak terlalau sakit.

    Apakah untuk penyembuhan kangker harus di operasi..? tidak bisa hanya dengan herbal..T
    erima kasih

  2. mengenai benjolan di telingan bapak belum tentu kanker, masih perlu di lakukan pemeriksaan tambahan. bila tidak sakit mungkin dulu ada riwayat terbentur?

    pengobatan kanker sampe sekarang blm ada yg benar-benar menyembuhkan. bila operasi biasanya di lihat dari stadiumnya

  3. Saya baru saja melahirkan tanggal 13 oktober 2011. Saya mendapati ada benjolan kedua payuda anak saya ditekan dipayudaranya agak keras… Itu kenapa yah…

  4. maksud ibu, bayi ibu yg baru lahir?
    kemungkinan tidak apa-apa ibu…coba ibu perhatikan kembali dengan seksama apakah dadanya lebih besar?
    agak kerasnya dari otot atau dari lemaknya?
    bila di pegang, apakah si bayi menangis?
    jika tidak kemungkinan tidak apa-apa ibu

  5. anak saya perempuan usia 7thn..yg saya mau tanyakan ada benjolan dipayudara kanan..apakah ini tanda puberitas dini atau kelebihna hormon…dulu waktu anak masih asi juga mengalami hal yg sama dan hilang setelah diberikan obat salep trombomhop ( klo tdk salah ) kata dokter anak kelbihan hormon.mohon jawabannya wass

  6. saya umur 16 thn,,
    td malam tiba2 payudara sayaterasa keras bila di tekan,,,?
    apakah itu kanker dan berbahaya..?
    trims…:)

  7. terasa keras bukanlah ciri dari kanker,
    apalagi umur anda masih muda, jauh dari kecurigaan kanker payudara.
    bisa jadi itu adalah siklus bulanan anda setiap datang bulan memang kadang buah dada terasa keras. tp tidak ada benjolan

  8. Anak saya Tk b Umur 5thn , sekarang pd payudara sebelah kirinya agak membesar dan bila diraba terasa ada bijinya disekitar putingnya. apakah terjadi pd putri kami, bahayakah ,

    Terima Kasih ya Dokter.

  9. Dokter , saya punya kasus yg hampir sama dg yg lain.
    Anak saya usia 5,5 th, TK besar, juga punya ukuran payudara sebelah kiri lebih besar dr yg kanan.seperti ada sedikit benjol di dalam. baru sekitar 1 minggu ini saya ketahui. di ketiak tdk ada benjolan.apa yg harus saya lakukan ya Dok.Terima kasih

  10. dok…saya juga punya bayi perempuan berusia 8 bulan, di kedua payudaranya ada benjolan tepat dibawah putingnya,kenyel2 n lari2 gitu klu diraba, apakah ini biasa atau gimana dok??? apa yg harus sya lakukan dok.
    terima kasih…

  11. Dokter…..mohon pencerahannya, anak saya perempuan berusia 4,5 bulan..dipayudara sebelah kanan ada benjolan dan terasa bila di raba kira-kira sebesar biji jagung…..apakah itu????? apa yang harus saya lakukan?????? TERIMA KASIH..

  12. anak saya perempuan usia 8 thn 2 bulan d payudara kanan anak sy ada benjolan bila d sentuh sakit.gmn cara atasi nya.apakah itu suatu penyakit atau gmn

  13. dok…anak saya perempuan umur 7 thn…istri saya tlp kesaya kalau diputing sebelah kirinya masuk kedalam dan bengkak trus ditekan sakit jdi istri saya khawatir, itu kenapa ya dok…mohon penjelasannya…tx.

  14. dok anak saya berumur 15 bulan di payudara kirinya ada benjolan sebesar biji jagung dang kenyel2 gt kalau diraba, bahaya atau tidak dan obatnya apa untuk menghilangkannya, terima kasih

  15. dokter,anak saya berumur 7thn,sudah seminggu payudara kiriny sakit kalo ditekan,dan ada sedikit benjolan,tp kalo tidak diraba,benjolan tdk tampak.
    berbahayakah itu dok? dan sy harus beri obat(salep) apa dok,terimakasih sebelumnya atas jawabannya.

    • benjolannya keras atau kenyal? dan bisa di gerakkan?
      jika benjolannya agak keras dan susah di gerakkan mungkin ada tanda infeksi, bapak bisa konsultasi ke dokter untuk pengobatannya

  16. minta tolong…anak saya berumur 1 tahun 2 bulan…masa dia lahir dalam umur nya sebulan saya terasa ada benjolan di payudara di sebelah kiri. Saya tak hiraukan sangat keran ibu saya kata memang sebegitu rasanya. sekarang umur dia 1tahun 2bulan saya masih terasa ada benjolan itu lagi. Saya risau. apakah itu ya…?

  17. Dok.di payudara sebelh kanan anak perempn saya umur 6th ada benjolan,d bawah putingnya agak keras.kl d tekan sakit,tp kl gak d tekan gak sakit.
    Kira2 apa y dok..?
    Trmksh

  18. pagi dok, anak kami perempuan baru usia 20 bulan, maaf dipayudaranya agak besar dan spt mengeras. mohon tanggapan dan solusinya. tks

  19. pagi dok, anak kami baru berusia 20 bulan,sejak lahir sampai skg. tp maaf dipayudara SEBELAH KANAN agak besar spt kenyal kalau diraba spt ada benjolan sebiji kacang ijo. mohon tanggapan & solusinya sbab kami sgt resah dg kondisi ini…..tks

    • pagi, maaf baru balas..
      apabila benjolanya kenyal dan mudah di gerakkan, itu kemungkinan hanya gumpalan lemak bu, tidak apa2.. di lihat kembali nanti pas saat pubertas.

  20. pagi dokter, sama dengan putri kecil saya yang berusia 4 bulan 5 hari saat ini, d payudara sebelah kiri, bila di raba juga terasa ada benjolan sebesar kacang dan agak keras pas di bawah putingnya, kira2 itu apa dokter..? terimakasih

  21. anak saya perempuan umur 5,5thn..ada benjolan di payudara kanan,bila diraba bisa bergeser.dan sdh diperiksakan ke dokter spesialis anak dan katanya tidak apa,itu merupakan calon kelenjar air susu..tp saya msh belum puas atas jawaban dokter tsb..mohon pencerahannya hrs saya bw kemana lagi anak saya untuk memastikannya..trimakasih..

    • Iya ibu, benjolan yang lunak dan mudah bergeser tidak mengapa, itu calon kelenjar air susu.
      nanti pada saat pubertas bisa menyesuaikan dengan perkembangan payudaranya.
      terimkasih

  22. pagi dokter, saya masi menunggu balasan…. sama dengan putri kecil saya yang berusia 4 bulan 5 hari saat ini, d payudara sebelah kiri, bila di raba juga terasa ada benjolan sebesar kacang dan agak keras pas di bawah putingnya, kira2 itu apa dokter..? terimakasih

    • maaf kelewatan dan baru balas..
      itu bisa jadi calon kelenjar air susu..
      bila di tekan tidak sakit, berarti buka infeksi bu..
      ibu bisa konsultasi lebih lanjut ke doker spesialis anak
      terimakasih

  23. pagi dokter..anak saya usia 6th, juga mengalami hal serupa.payudara sebelah kanan sedikit lebih besar drpd sebelah kiri, kalo diraba juga ada benjolan kecil di dalam sana.tapi tidak sakit katanya.dulu yag sebelah kiri juga pernah kmd saya kompres air hangat setiap mandi kemudian hilang sendiri.sebenarnya itu apa ya dok?lemak kah?anak saya memang suka makan junkfood gitu.mohon penjelasan dokter.trmakasih.

  24. selamat pagi dok,sy punya bayi umur 11 bulan lebih,dri umur 5 bulan anak sy ada tumbuh benjolan di payudarax sebelah kiri,apa bila di pegang/tekan jinak pindah2 dan tidak sakit.apa berbahaya atau tdk??dan apa ada makanan yg tdk bisa dia makan.tks pak

    • pagi ibu,
      dari gejalanya itu bukan tumor ganas, itu bisa bantalan lemak ato kelenjar..
      ibu yang tenang tidak perlu kuatir.
      tidak ada pantangan makanan bu, kecuali makanan yg terlalu berlemak

  25. Ass dok…mhn penjelasanputri saya usia 13 bulan.sewaktu lahir payudaranya bengkak dan kalo dipencet keluar sprti susu.kata bidan tidak apa2,hanya pengaruh hormon dari ibu. setelah beberapa hari tdk keluar lg tp sampai sekarang masih ada grenjel2 gitu dok dan lari2.jd payudaranya kayak anak udah gede.apa ini kelebihan hormon ato apa ya dok..terus bisa hilang ga?apa perlu terapi tertentu?mks

    • waalaikumsalam.
      itu tanda ada cairan di dalam kelenjar susu anak ibu. itu bisa kemungkinan karena adanya infeksi atau kelainan yang lain, lebih baik ibu konsultasikan dengan dokter spesialis anak terdekat untuk pemeriksaan dan penjelasan lebih lanjutnya..
      terimakasih

  26. Dok anak saya laki2 ada benjolan di sebelah kirinya tepat di bawah puting susunya. apa itu kelenjar lemak??. kenyal2 gituu sihhh.. apa itu normal. anakku cowok lhoo yahh. usianya baru 20 hari.. apa itu berbahaya??

  27. dok anak saya perempuan umur 11 bulan dipayudara sebelah kanan nya ada bejolan sebesar jagung kalau dipegang lari-lari apa berbahaya gak doc?

  28. Slmt malam dok, maaf sy mau nanya, anak sy perempuan umur 9 bulan ( tgl 17 Mei nanti umur 10bulan). Di payudara kirinya ada benjolan keras posisinya di dalam daerah ya berwarna cokelat dan tdk pindah2 kl di tekan dia jg tdk nangis. Dan juga ukuran betis kanannya lebih besar dibanding betis kirinya. 2 hal itu kenapa ya dok, bahaya kah? Kl mau diperiksakan k dokter syaraf ato ke DSA jg cukup ? Trm kasih sblmnya, maaf nanyanya borongan….:)

  29. Assalamu’alaikum… Maaf Dokter saya mau bertanya, anak saya umurnya 2th 3bln. payudara anak saya yang sebelah kiri putingnya masuk kedalam dan agak keras kalau dipegang seperti ada benjolan. kira2 kenapa ya Dok? bahaya tidak?
    terimakasih & wassalam.

  30. Halo dok, mau tanya, adik saya baru mau berumur 12 tahun.
    Seminggu yg lalu mengeluh karna ada benjolan di area coklat di payudaranya, sakit dan sampai nggak bisa tidur, bahkan saat subuh tubuhnya sepat demam.
    Langsung saya bawa ke dokter umum dekat rumah, pada saat itu hanya ditanya langsung dikasih obat dan salep, siapa tahu hanya infeksi, setelah 3 hari, payudaranya jadibkeras dan bengkak, setelah itu kempes, dan hanya bagian coklatnya saja yg mengeras.
    Saya bawa ke dokter lagi, dan lagi-lagi dokter hanya memberikan obat, dan hampir habis, tp masih keras dan sakit.
    Kira-kira ini kenapa ya dok? Dan kenapa dokter tsb tidak memberikan surat pengantar ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut? Apa ini tidak berbahaya? Terimakasih ya dok.

  31. Dok, bayi saya berumur 7 bln lbh, di payudara sblh kanan di bwah puting kaya ada benjolan kecil, dipencet tdk menangis. Sya kurang yakin waktu dipencet berubah tempat atau tdk. Tpi tdk kenyal dok. Apakah it tdk berbahaya dok. Mohon penjelasanny, terima kasih.

  32. Dokter saya seorang remaja pria berumur 14 thn .
    Di payudara kanan saya terdapat benjolan kecil dan agak keras .
    Dan saya rasa mulai mengecil dok, tapi kalo di tekan kuat sakit dok .
    Tidak ada tanda2 kanker seperti benjolan di ketiak, atau keluar cairan dari puting, atau puting masuk kedalam, kulit menjadi seperti kulit jeruk dan lainnya itu TIDAK SAYA ALAMI, hanya saja benjolan ini sangat menakutkan bagi saya, karna banyak artikel yg saya baca ini merupakan tanda kanker payudara pada pria. Saya sangat stres setelah membaca artikel itu. Mohon pencerahannya dok, karna saya sangat takut . Kalo tidak ditekan yaa tidak sakit dok . Saya sangat stres banget dan saya belum memberanikan diri ke dokter . Sekali lagi hanya ada benjolan ini dan tidak ada tanda lainnya . Saya juga TIDAK demam dok. Apakah ini ginekomastia? Atau apa dok?
    Mohon bantuannya yaa dok.
    Terima kasih .
    GOD Bless.

  33. Dok mau tanya keluhan pada anak saya usia 9 thn pada tnggal 30 maret ada benjolan di puting payudara kiri jika di sentuh terasa sakit nyeri itu gmana dok apakah berbahaya ? mhon bntuan nya dok trima kasih .. bles

      • sudah di ronsen tapi hsilnya tidak ada apa2 sudah di kasih antibiotik sma dokter trus kempes , antibiotik nya hbis benjolan nya mengecil, kmaren hbis terbentur benda keras tumbuh dan sekarang malah makin besar di sentuh masih sakit , mhon bntuan & pnjelasan nya dok . trims bles

      • iya bu, tidak apa-apa.
        itu pembengkakan karena hematom di dalam karena akibat benturan.
        saran saya ibu pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut agar tidak membengkak lagi…

  34. selamat siang doc,,,adik saya perempuan kelas 3 smu.dia bilang kepada ibu saya bahwa di payudaranya ada 2 benjolan kecil jika di tekan terasa sakit.yg ingin saya tanyakan apakah itu berbahaya atau puber?terima kasih sebelumnya

    • antara 2 hal, bisa jadi kelenjara payudaranya yang sedang proses membesar karena hormonal, atau sekedar infeksi…

      untuk lebih pastinya bisa konsultasi ke dokter bedah :)

  35. Saya mau tanya nih dok..dr lahir dipayudara sebelah kanan diatas puting ada seperti luka setitik. Saat anak saya 2thn. luka titik itu membesar sprti kesundut rokok. Skrg ank saya berusia 2thn,5bln.beberapa hari yang lalu luka itu berair dlm nya dan udh pecah jg. Kini putingnya malah ada benjolan kecil keras. Saya jadi khawatir banget… Tolong ya di kasih tau solusi nya..??? Dan apa yang terjadi pada puting anak saya trims….

  36. Maaf mengganggu, begini dok, dari usia 2thn ank sy sudah da benjolan di payudara sebelah kanan nya sampai sekarang usia 2thn 8bln.klo disentuh katanya sakit, saya khawatir dok… Bagaimana saya harus bertindak atau di bawa ke mana sebaiknya…. Terima Kasih sebelumnya….. Mohon informasinya….. Dan tanggapan nya.

  37. Sore dok, anak saya usia 4bulan laki-laki.diputing kanannya terdapat benjolan keras dipegang tidak sakit.apa itu dok? dan bahaya tidak dok? mohon penjelasannya.trims

  38. malem dok,anak saya perempuan usia 10thn dipayudara kiri tepat dibawah putingnya ada benjolan.apakah itu berbahaya???saya benar” khawatir dok.mohon pencerahan nyaa.terima kasih.

  39. selamat malam dok…saya mau tanya anak saya perempuan 7th, ada benjolan kecil dibawah puting payudara kanan, terasa sakit bila di tekan,,,,berbahayakah dok…trima kasih…

  40. Malam dok putri saya usia 6 tahun 9 bulan di PD sebelah kanan di bawah puting ada benjolan kecil sebesar jagung keras sdah 1 minggu klo di tekan keras katanya sakit mohon petunjuk dan jawabanya dok… terimakasih

  41. Pagi dokter
    Sy punya anak usia 7 thn lebih…
    Baru2 ini bilang kalo dibawah puting susu sebelah kanan ada benjolan kecil, kenyal2 dok, tidak sakit dan tidak nampak dari luar…
    Hanya bila diraba baru terasa….
    Apakah berbaya dan perlu diperiksa dok…
    Terimakasih sebelumnya…

  42. selamat malam dok, maaf ganggu, saya punya anak remaja umur 14 tahun. sudah sebulan ini ada benjolan keras di area puting payudaranya yang sebelah kiri. kalau saya tekan, anak saya tidak merasa sakit. itu benjolan bentuknya tidak rata dan makin lama makin membesar hingga terlihat perbedaan antara payudara kiri dan payudara kanan. anak saya tidak demam dan sehat2 saja, hanya agak sedikit mudah lelah. apakah itu berbahaya dok? mohon pencerahannya. saya sangat khawatir. makasih..

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s